Puncak Kampanye 12.12, Penjualan Brand Lokal & UMKM Naik 7 Kali Lipat
Ekonomi

Puncak Kampanye 12.12, Penjualan Brand Lokal & UMKM Naik 7 Kali Lipat

Emporio.my.id-


Jakarta, CNN Indonesia

Dalam puncak kampanye 12.12, Shopee mencatat lonjakan transaksi yang luar biasa. Berdasarkan data, penjualan brand lokal dan UMKM mengalami peningkatan hingga 7 kali lipat dibandingkan hari biasa.

Dengan demikian, kampanye yang berlangsung sejak 15 November sampai 12 Desember 2024 menegaskan peran Shopee dalam mendukung pertumbuhan bisnis lokal di Indonesia.

Senior Director of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan, keberhasilan Shopee selama kampanye 12.12 tak terlepas dari dukungan luar biasa para pengguna, dedikasi dari para brand lokal dan UMKM, serta kolaborasi para konten kreator yang tanpa henti mempersiapkan strategi terbaik mereka.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Hasil kolaborasi dari seluruh ekosistem Shopee membuat perjalanan kampanye akhir tahun 12.12 Birthday Sale menjadi sangat mengesankan dan tak terlupakan dalam menutup tahun 2024,” kata Monica dalam keterangannya dikutip Minggu (15/12).

Dalam kampanye ini, para pengguna turut menikmati rangkaian penawaran menarik pada 12 Desember, mulai dari promo untuk produk brand lokal dan UMKM hingga keseruan belanja lewat fitur interaktif.

Hal ini berdampak langsung pada lonjakan pesanan, di mana banyak penjual mencatatkan peningkatan penjualan yang signifikan berkat visibilitas yang lebih tinggi akan produk brand lokal dan UMKM di sepanjang kampanye.

Peningkatan tren belanja ini juga sejalan dengan semakin banyak pengguna yang memanfaatkan kampanye ini untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dari produk-produk brand lokal dan UMKM di berbagai kategori.

Adapun pada puncak kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale, para penjual dan produk di beberapa kategori ini juga berhasil menjadi favorit pengguna. Antara lain Atasan dan Tas Wanita turut menjadi kategori brand lokal dan UMKM terfavorit pengguna dengan peningkatan pesanan hingga 7 kali lipat.

Kemudian, Cardigan, Kemeja, dan Tas Selempang berhasil menjadi produk brand lokal dan UMKM pilihan pengguna sebagai salah satu opsi outfit akhir tahun.

Selanjutnya, permintaan akan produk lokal di kategori Kosmetik Wajah serta Parfum & Wewangian juga ikut meningkat hingga 11 kali lipat.

Selain itu, para pengguna mulai mempersiapkan diri menyambut perayaan akhir tahun, Bedak Wajah, Lipstik, dan Eau de Parfum menjadi produk lokal favorit yang paling banyak dibeli.

Masyarakat juga memanfaatkan momen ini untuk memenuhi kebutuhan di rumah, terlihat dari kategori Kebersihan & Binatu meningkat hingga 18 kali lipat.

Pada puncak kampanye, pengguna memanfaatkan promo untuk membeli produk Sabun Cuci Piring, Pewangi Pakaian, dan Detergen yang menjadi produk lokal yang populer di kategori ini.

ShopeeFoto: Arsip Istimewa

Keterlibatan ekosistem di 12.12 melalui fitur interaktif

Di penghujung 2024, gaya berbelanja interaktif semakin menjadi sebagai daya tarik utama. Tren ini terus mengalami peningkatan mengingat semakin banyak pembeli yang semakin mengutamakan pengalaman belanja yang interaktif dan personal.

Untuk mengakomodasi kebutuhan ini, Shopee senantiasa mengembangkan berbagai program dan fitur yang dirancang untuk menciptakan ekosistem yang dinamis.

Tidak hanya memfasilitasi transaksi, program serta fitur yang dihadirkan juga berfokus untuk membangun hubungan yang lebih erat antara pengguna, penjual, dan konten kreator.

Mengamati semakin masifnya tren jual beli online lewat live streaming, tidak heran jika Shopee Live terus menjadi fitur favorit bagi seluruh ekosistem Shopee.

Pada puncak kampanye 12.12 Birthday Sale, Shopee mencatatkan peningkatan transaksi Shopee Live lebih dari 9 kali lipat untuk brand lokal dan UMKM yang menunjukkan antusiasme pengguna dalam memanfaatkan fitur ini untuk memenuhi kebutuhan akhir tahun mereka sambil menikmati pengalaman belanja penuh hiburan.

Kemeriahan festival belanja akhir tahun yang sekaligus menjadi momen selebrasi ulang tahun Shopee ke-9 ini turut dirasakan oleh para konten kreator, dimana jumlah klik pada link rekomendasi produk dari Shopee Affiliate mengalami peningkatan 5 kali lipat pada puncak kampanye dibandingkan dengan tahun lalu.

Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak pengguna Shopee yang mencari dan membeli rekomendasi produk brand lokal dan UMKM melalui konten menarik dari para kreator.

Sinergi dari ekosistem Shopee kali ini sangat terlihat dari kolaborasi para penjual dan konten kreator yang memanfaatkan momen akhir tahun untuk memaksimalkan potensi bersama.

“Kami sangat berterima kasih atas kolaborasi positif dan kepercayaan yang luar biasa dari para pengguna, penjual, dan kreator dalam ekosistem Shopee. Ke depannya, kami berharap Shopee dapat terus menjadi kawan setia bagi brand lokal, pengusaha UMKM, dan masyarakat Indonesia secara luas, untuk membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan, meraih peluang, hingga mencapai pertumbuhan kolektif yang berkelanjutan,” tutup Monica.

(inh/inh)


Artikel ini merupakan Rangkuman Ulang Dari Berita : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20241215121704-625-1177551/puncak-kampanye-1212-penjualan-brand-lokal-umkm-naik-7-kali-lipat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *